Keluarga MABIM 2009 :D #edisitelatfoto

Emang ga ada matinya dah kepanitiaan ini !!
Udah lewat 2 tahun tapi kekeluargaannya ga pernah dan ga akan lewat :*

Terbukti sore tadi, Jumat 29 April 2011 anak2 nyempet2in dateng ke LC jam 17.00 buat nge-realisasi-in agenda foto panitia yang sempat tertunda selama 2 tahun

Walau muka lusuh abis kuliah tapi semangat mereka ini ga ada matinyaa! :D 



Engga perlu jauh2 ke papyr*s atau ke J*nas, cukup di LC saja 
Engga perlu make up dan tata rambut, cukup bawa muka saja
Engga perlu sejam dua jam, cukup setengah jam saja :D

And this is it !
KELUARGA BESAR MABIM 2009








*Btw sebenernya engga semua nya bisa dateng kesini :(
Ya lagi-lagi karena kesibukan masing2 yang ga bisa ditinggalkan

Tapi foto tadi cukup mengobati rasa rindu antar temen-temen MABIM lho
Kangen kaliaaaan :*



Pengen suatu hari nanti bisa kumpul kayak gini lagi, apalagi full team
I'm waiting for that moment :)

#tugas kapsel 2

COMPUTER VISION
Pembicara : Bedy Purnama, S.Si., M.T.

A. Latar Belakang
Dewasa ini dunia teknologi informasi berkembang dengan pesat. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari juga ikut meningkat. Penerapan teknologi yang modern diperlukan untuk membantu mengatasi banyak kasus atau permasalahan yang terjadi saat ini, khususnya pada area citra visual. Oleh karena itu munculah sebuah bidang baru yang melengkapi knowledge yang ada sebelumnya sebagai bahan kajian lanjutan untuk menyediakan pengetahuan yang lebih lengkap pada bidang citra visual, yaitu computer vision.

Computer vision merupakan disiplin yang berusaha menggantikan peran manusia dan meniru human vision. Computer vision berusaha mengkombinasikan antara pengolahan citra (Image Processing) dan pengenalan pola (Pattern Recognition). Bersama dengan Artificial Intelligence, computer vision diharapkan akan mampu menghasilkan sistem intelijen visual yang dapat membantu manusia dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari.

B. Permasalahan
Seperti yang telah dipaparkan dalam bab sebelumnya, adanya computer vision diharapkan dapat membantu manusia untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di kehidupan nyata. Beberapa kasus umumnya membutuhkan bantuan sistem untuk mengatasi keterbatasan manusia dalam hal kecepatan, ketelitian, atau ketepatan. Seperti misalnya dalam hal ketepatan atau ketelitian, ilmu computer vision digunakan dalam pembuatan sebuah sistem yang dapat secara otomatis menghitung banyaknya mobil yang telah melewati sebuah jalan, dan permasalahan lain yang berhubungan dengan citra visual. Computer vision disini bukanlah menjadi hal yang mutlak perlu (tidak bersifat wajib), namun akan sangat membantu manusia jika ilmu computer vision diterapkan di kehidupan sehari-hari.

C. Manfaat 
Terdapat beberapa kajian dari computer vision yang di masing-masing metodenya memiliki manfaat, seperti:
1. Image analysis methods, berguna untuk deteksi sisi atau fitur dan segmentasi
    atau trnasformasi gambar
2. Motion and video analysis, dapat mendeteksi gesture tubuh, kalibrasi, dan
    tracking
3. Methods for reconstructing three-dimensional scene information, untuk
    rekonstruksi informasi gambar 2D ke dalam area 3D, mempermudah manusia
    dalam pemvisualisasian gambar 2D
4. Method for combining real imagery with computer generated imagery, yang
    terbagi menjadi:
       - virtual reality, menciptakan dunia virtual yang seakan-akan nyata, seperti
         pada pembuatan sketsa atau miniatur bangunan secara virtual
       - augmented reality, menggabungkan dunia nyata dan objek imajinasi, misalnya
         adanya avatar manusia yang ditempelkan pada objek nyata

Selain itu, terdapat manfaat penerapan computer vision di dunia nyata lainnya, seperti adanya computer vision for the blind (navigasi indoor untuk orang yang buta melalui tracking trayektori), atau di bidang industri seperti software untuk memeriksa ukuran dengan video, software untuk mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan analisis gambar di video dan foto, dan di bidang militer seperti software untuk pendeteksi musuh atau mengecek posisi musuh, dan pemanfaatan lain di bidang lainnya pula.

D. Kesimpulan
Computer vision merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana komputer mengenali objek yang diamati; merupakan bidang baru sebagai lanjutan dari ilmu grafika citra dan pengolahan citra lanjut; tidak mutlak wajib diperlukan namun akan sangat membantu jika diterapkan di kehidupan nyata terutama dalam mengatasi keterbatasan manusia.

#tugas kapsel 1

Oh men ! Dahsyat banget lah kuliah saya ini
Tugas betebaran dimana - mana
Satu tugas kelar di kill yang lain nimbul
begitu seterusnya

Kayaknya mosting tugas2 selama kuliah asik juga nih buat dokumentasi
Iseng2 nambahin page blog juga lah ya 
habisnya lama ga posting ini :p

Tapi kayaknya ga mungkin juga buat posting semua tugas
Soalnya bisa jadi halamannya ga muat :p
Mungkin akan ngepost tugas yang simpel2 aja kali ya

Okelah
Posting tugas dimulai dari tugas kapsel 
cekidot :

Penerapan Data mining di BPPT
Pembicara : Dr. Anto Satriyo Nugroho

Opini :
Perkembangan dunia teknologi informasi yang pesat menyebabkan terjadinya peningkatan dalam berbagai hal, khususnya di bidang teknologi. Seperti diantaranya adalah komputer yang menjadi semakin murah, lebih powerfull dan memiliki kapasitas penyimpanan data yang semakin besar. Hal ini memungkinkan terjadinya tumpukan data yang besar pula. Inilah yang melatarbelakangi adanya data mining sebagai proses ekstraksi informasi dari data yang tumbuh secara eksponensial untuk dimanfaatkan agar tidak lantas dibiarkan begitu saja menjadi sampah. 

Lebih khusus lagi, dalam materi kapsel pada hari sabtu, 16 April 2011 dibahas lebih detail mengenai penerapan data mining di BPPT. Bapak Anto selaku pembicara dalam seminar, secara terbuka memberikan gambaran mengenai pengimplementasian data mining dan aplikasi yang dihasilkan dari pemanfaatan data mining di BPPT.

Dalam seminar ini setidaknya dijelaskan 4 topik riset data mining yang bertujuan untuk membantu memecahkan permasalahan yang telah menjadi isu utama di Indonesia. Diantaranya adalah :

1.   Prediksi produksi beras di Indonesia
2.   Analisa spatio-temporal penyebaran penyakit Tropis (Demam Berdarah, Flu
      burung, dsb) dari artikel bahasa Indonesia yang tercatat di internet
3.   Telusur Hukum (sistem pencarian intelejen efektif yang menghasilkan output
      berupa info hukum yang diinginkan berdasarkan keyword dan info hukum lain
      yang masih memiliki keterkaitan dengan keyword)
4.   Self Organizing Map untuk menganalisa data Indikator TIK Indonesia

Masing-masing dari topik dijelaskan secara detail lagi mengenai alur kerja, arsitektur, metode, dan algoritma yang digunakan dalam proses data miningnya.

Dari uraian yang telah dipaparkan, setidaknya mahasiswa mengetahui pentingnya data mining untuk memanfaatkan data menjadi sesuatu yang lebih berharga. Juga menambah informasi bahwa penelitian berkaitan dengan data mining yang diselenggarakan oleh BPPT ini telah banyak menghasilkan keluaran berupa aplikasi atau sistem yang dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi di Indonesia. Hal ini sangatlah menarik, mengingat bahwa ternyata permasalahan-permasalahan yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan pemecahannya ternyata dapat dipecahkan dengan menggunakan teknik data mining. 

Dengan adanya sharing materi ini banyak ilmu pengetahuan dan manfaat yang didapatkan oleh mahasiswa, khususnya dalam hal data mining. Mempermudah mahasiswa untuk memahami dan mempelajari pemanfaatan data mining dalam mengatasi berbagai permasalahan yang muncul di dunia nyata. 

Hal ini memberikan motivasi untuk mahasiswa agar lebih kreatif dan inovatif lagi dalam belajar, atau mungkin lebih jauh lagi untuk mengembangkan riset yang berkaitan dengan data mining, tentunya dengan tujuan yang bermanfaat untuk kepentingan bersama, seperti pemecahan masalah yang terjadi di Indonesia misalnya.

I call it #revengespirit PART 1


Berkaca dari nilai dan IP yang ancur parah di semester-semester sebelumnya , semester ini saya putuskan untuk menerapkan konsep #revengespirit. Sebuah konsep baru yang diharapkan dapat mengantarkan diri ini keluar dari segala macam bentuk kegalauan akademik yang senantiasa menghantui malam-malam tidur saya (*halaah) :p

Oke, #revegespirit bisa diartikan sebagai sebuah semangat bales dendam. Cukup ngeri kalimat yang saya pakai disini. Tapi saya rasa cukup pantes juga buat ngebales ngerinya nilai-nilai saya semseter lalu.

"Mau ga mau memang harus ada perjuangan yang lebih kalo memang niat pengen berubah..."

Gagal dari target awal memang sakit. Tapi akan lebih sakit jika sudah tau ada kesempatan buat memperbaiki tapi tidak dimanfaatkan sama sekali.


Oke. I failed. But I can not forgive myself more; if I keep continuing this failure .


Setelah lama puas meratapi nasib, akhhirnya saya putuskan untuk membuat beberapa target baru. Dan target (perbaikan) selanjutnya itu adalah :
1. Memaksimalkan waktu di semester ini (dan 2 semester nanti) dengan hanya fokus ke masalah *perakademikan* saja. Saya ulangi, *hanya fokus ke masalah per-akademikan* saja. Yosh !


No more kepanitiaan, no more organization, no more kegalauan, no more activities diluar aktivitas perakademikan yang menyita waktu lebih dari aktivitas perakademikan. Yap, dunia saya akan saya persempit mulai dari sekarang :D (*emang  iya gitu??? lebai, engga sempit juga kali ah :p)


Memutuskan untuk tak lagi menikmati kesibukan itu rasanya kayak ketusuk-tusuk jarum :D Sakit. Tapi bisa ditahan :p Kalo dulu sering ga ada waktu buat balik ke kosan dari kuliah, sekarang justru ga ada tempat nyinggah abis kuliah selain kosan, kalo dulu pake seragam ampe jam 10 malem, sekarang males buat ke keluar atau sekedar ke kampus :D *Huaaa, hidup begitu indahnya :D


Tapi ya inilah konsekuensinya, self pinalty untuk saya, untuk orang yang (ternyata) ga bisa ngatur waktu dengan baik. Untuk orang yang suka terlena sama kesibukannya sendiri tanpa mikir tujuan sebenernya dateng ke Bandung buat kuliah, untuk orang yang sok sokan kuat padahal ga kuat, untuk orang yang suka tidur sembarangan di kelas, dan semua alasan yang menguatkan adanya hukuman seperti ini :D


Disini bukan berarti saya menyalahkan adanya aktivitas diluar perakademikan.  Bukan juga saya menyarankan untuk tidak ikut aktivitas2 tersebut. TIDAK sama sekali. Justru saya bangga dengan teman2 saya yang selain aktif disegala urusan non-akademik, tapi juga tetep berjaya di bidang akademik. Saya memutuskan untuk melakukan hal ini karena saya rasa, saya tidak cukup baik dalam manajemen fisik, waktu, lingkup, dan biaya (Berasa MPTI gak tuh?) :D Murni hanya karena ingin melakukan aktivitas2 sesuai dengan porsi dan prioritasnya untuk saat ini. 


2. Membuat mimpi
Lebih tepatnya mungkin menghayal sesuatu yang konyol :p
Oke dalam waktu dekat ini mimpi konyol saya adalah :
- IP 4 untuk semester ini dan seterusnya
- IPK cumlaude
*amin #nangisdarah #helanapaspanjang


3. Continued On the next post. HAHAHA :p

miuralizationing my life :D

Having a lot of haruma's photos, I did something worthwhile.

Some days ago I just made some creation :D
By using my Sony Ericsson Themes Creator, I put some photos and made him alive in my cellular phone :D


It was not difficult to use this application. You may not need skill of programming, hacking or anything else :D Just need some patience and a little sense of creativity. Therefore, thanks Sony for creating this application. It really help me made him stay close with me, hahahaha :D :D ( do not jealous Re*a :) )

To help me slice and compress his photos, I simply use my photoscape. 
(Just to know, It was the longest process of all. First I have to choose some photos that suitable with the template, and after it, I started to compress and slice them. It depend on my creation whether it must be compress or should be sliced :D)

And after all, this is it. 
My first miura's theme on my phone :)







Hoaaaa, I think it was the worst. I made it dowdily, gomen ne haruma-chan :D

Ah, yup
Not only in my phone, I also made him stay in my notebook (evilsmirk) 
I use his photos as my desktop background, and as the contain of my slide show gadget too :D



Woaaaaaaaaaaaa, haruma-chan @.@

That was what I called by miuralizationing my life :D
Wanna come join me? :D

*Photos are from internet. Thanks for the uploader :D
 
Mahassahasi Blog. Base design by Ipietoon edited by mahassahasi