#tugas kapsel 1

Oh men ! Dahsyat banget lah kuliah saya ini
Tugas betebaran dimana - mana
Satu tugas kelar di kill yang lain nimbul
begitu seterusnya

Kayaknya mosting tugas2 selama kuliah asik juga nih buat dokumentasi
Iseng2 nambahin page blog juga lah ya 
habisnya lama ga posting ini :p

Tapi kayaknya ga mungkin juga buat posting semua tugas
Soalnya bisa jadi halamannya ga muat :p
Mungkin akan ngepost tugas yang simpel2 aja kali ya

Okelah
Posting tugas dimulai dari tugas kapsel 
cekidot :

Penerapan Data mining di BPPT
Pembicara : Dr. Anto Satriyo Nugroho

Opini :
Perkembangan dunia teknologi informasi yang pesat menyebabkan terjadinya peningkatan dalam berbagai hal, khususnya di bidang teknologi. Seperti diantaranya adalah komputer yang menjadi semakin murah, lebih powerfull dan memiliki kapasitas penyimpanan data yang semakin besar. Hal ini memungkinkan terjadinya tumpukan data yang besar pula. Inilah yang melatarbelakangi adanya data mining sebagai proses ekstraksi informasi dari data yang tumbuh secara eksponensial untuk dimanfaatkan agar tidak lantas dibiarkan begitu saja menjadi sampah. 

Lebih khusus lagi, dalam materi kapsel pada hari sabtu, 16 April 2011 dibahas lebih detail mengenai penerapan data mining di BPPT. Bapak Anto selaku pembicara dalam seminar, secara terbuka memberikan gambaran mengenai pengimplementasian data mining dan aplikasi yang dihasilkan dari pemanfaatan data mining di BPPT.

Dalam seminar ini setidaknya dijelaskan 4 topik riset data mining yang bertujuan untuk membantu memecahkan permasalahan yang telah menjadi isu utama di Indonesia. Diantaranya adalah :

1.   Prediksi produksi beras di Indonesia
2.   Analisa spatio-temporal penyebaran penyakit Tropis (Demam Berdarah, Flu
      burung, dsb) dari artikel bahasa Indonesia yang tercatat di internet
3.   Telusur Hukum (sistem pencarian intelejen efektif yang menghasilkan output
      berupa info hukum yang diinginkan berdasarkan keyword dan info hukum lain
      yang masih memiliki keterkaitan dengan keyword)
4.   Self Organizing Map untuk menganalisa data Indikator TIK Indonesia

Masing-masing dari topik dijelaskan secara detail lagi mengenai alur kerja, arsitektur, metode, dan algoritma yang digunakan dalam proses data miningnya.

Dari uraian yang telah dipaparkan, setidaknya mahasiswa mengetahui pentingnya data mining untuk memanfaatkan data menjadi sesuatu yang lebih berharga. Juga menambah informasi bahwa penelitian berkaitan dengan data mining yang diselenggarakan oleh BPPT ini telah banyak menghasilkan keluaran berupa aplikasi atau sistem yang dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi di Indonesia. Hal ini sangatlah menarik, mengingat bahwa ternyata permasalahan-permasalahan yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan pemecahannya ternyata dapat dipecahkan dengan menggunakan teknik data mining. 

Dengan adanya sharing materi ini banyak ilmu pengetahuan dan manfaat yang didapatkan oleh mahasiswa, khususnya dalam hal data mining. Mempermudah mahasiswa untuk memahami dan mempelajari pemanfaatan data mining dalam mengatasi berbagai permasalahan yang muncul di dunia nyata. 

Hal ini memberikan motivasi untuk mahasiswa agar lebih kreatif dan inovatif lagi dalam belajar, atau mungkin lebih jauh lagi untuk mengembangkan riset yang berkaitan dengan data mining, tentunya dengan tujuan yang bermanfaat untuk kepentingan bersama, seperti pemecahan masalah yang terjadi di Indonesia misalnya.

0 blogger nyasar di sini:

Post a Comment

 
Mahassahasi Blog. Base design by Ipietoon edited by mahassahasi