#tugas kapsel 2

COMPUTER VISION
Pembicara : Bedy Purnama, S.Si., M.T.

A. Latar Belakang
Dewasa ini dunia teknologi informasi berkembang dengan pesat. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari juga ikut meningkat. Penerapan teknologi yang modern diperlukan untuk membantu mengatasi banyak kasus atau permasalahan yang terjadi saat ini, khususnya pada area citra visual. Oleh karena itu munculah sebuah bidang baru yang melengkapi knowledge yang ada sebelumnya sebagai bahan kajian lanjutan untuk menyediakan pengetahuan yang lebih lengkap pada bidang citra visual, yaitu computer vision.

Computer vision merupakan disiplin yang berusaha menggantikan peran manusia dan meniru human vision. Computer vision berusaha mengkombinasikan antara pengolahan citra (Image Processing) dan pengenalan pola (Pattern Recognition). Bersama dengan Artificial Intelligence, computer vision diharapkan akan mampu menghasilkan sistem intelijen visual yang dapat membantu manusia dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari.

B. Permasalahan
Seperti yang telah dipaparkan dalam bab sebelumnya, adanya computer vision diharapkan dapat membantu manusia untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di kehidupan nyata. Beberapa kasus umumnya membutuhkan bantuan sistem untuk mengatasi keterbatasan manusia dalam hal kecepatan, ketelitian, atau ketepatan. Seperti misalnya dalam hal ketepatan atau ketelitian, ilmu computer vision digunakan dalam pembuatan sebuah sistem yang dapat secara otomatis menghitung banyaknya mobil yang telah melewati sebuah jalan, dan permasalahan lain yang berhubungan dengan citra visual. Computer vision disini bukanlah menjadi hal yang mutlak perlu (tidak bersifat wajib), namun akan sangat membantu manusia jika ilmu computer vision diterapkan di kehidupan sehari-hari.

C. Manfaat 
Terdapat beberapa kajian dari computer vision yang di masing-masing metodenya memiliki manfaat, seperti:
1. Image analysis methods, berguna untuk deteksi sisi atau fitur dan segmentasi
    atau trnasformasi gambar
2. Motion and video analysis, dapat mendeteksi gesture tubuh, kalibrasi, dan
    tracking
3. Methods for reconstructing three-dimensional scene information, untuk
    rekonstruksi informasi gambar 2D ke dalam area 3D, mempermudah manusia
    dalam pemvisualisasian gambar 2D
4. Method for combining real imagery with computer generated imagery, yang
    terbagi menjadi:
       - virtual reality, menciptakan dunia virtual yang seakan-akan nyata, seperti
         pada pembuatan sketsa atau miniatur bangunan secara virtual
       - augmented reality, menggabungkan dunia nyata dan objek imajinasi, misalnya
         adanya avatar manusia yang ditempelkan pada objek nyata

Selain itu, terdapat manfaat penerapan computer vision di dunia nyata lainnya, seperti adanya computer vision for the blind (navigasi indoor untuk orang yang buta melalui tracking trayektori), atau di bidang industri seperti software untuk memeriksa ukuran dengan video, software untuk mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan analisis gambar di video dan foto, dan di bidang militer seperti software untuk pendeteksi musuh atau mengecek posisi musuh, dan pemanfaatan lain di bidang lainnya pula.

D. Kesimpulan
Computer vision merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana komputer mengenali objek yang diamati; merupakan bidang baru sebagai lanjutan dari ilmu grafika citra dan pengolahan citra lanjut; tidak mutlak wajib diperlukan namun akan sangat membantu jika diterapkan di kehidupan nyata terutama dalam mengatasi keterbatasan manusia.

0 blogger nyasar di sini:

Post a Comment

 
Mahassahasi Blog. Base design by Ipietoon edited by mahassahasi