#tugas kapsel 3


SECURE WORKFLOW, COLLABORATION AND INTEGRATION

Pembicara : Yani Darma Putera
CTO Codephile & RedPilars

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi, penggunaan komputer sebagai sarana pengolahan dan penyimpanan informasi dewasa ini menjadi hal yang esensial. Pemanfaatan komputer menjadi hal yang penting di segala aspek kehidupan, baik itu di bidang teknologi maupun pada bidang lain, seperti misalnya pada aktifitas bisnis. Hal ini memberikan kesempatan pada industri jasa teknologi informasi untuk berkompetisi memberikan pelayanan yang terbaik.

Codephile adalah salah satu perusahaan yang memanfaatkan peluang ini. Bergerak di bidang industri jasa informasi, perusaan ini hadir sebagai penyedia solusi software Secure Workfow, Collaboration and Integration. Dengan misi “fit your needs and budget”, perusahaan ini berharap dapat membantu organisasi untuk dapat meningkatkan efisiensi operasionalnya. Atau dengan kata lain, misi singkatnya adalah untuk “make your works flow”.

Perusahaan ini hadir untuk menjawab beberapa tantangan dan isu bisnis di dunia IT. Seperti bagaimana cara mengintegrasikan data dari berbagai macam sumber, bagaimana menyediakan akses ke data bagi semua orang di perusahaan, bagaimana menyediakan informasi dalam format yang dimengerti oleh semua orang, dan bagaimana menjamin performance, availability, serviceability, dan security.

Terdapat beberapa produk dan solusi servis yang ditawarkan oleh codephile, namun yang menarik bagi saya adalah salah satu produknya yang bernama E-Office. 

E-Office adalah sebuah solusi untuk memenuhi kebutuhan tata persuratan di dalam sebuah organisasi, seperti pengarsipan surat, pengiriman surat, maupun penomoran surat (baik surat keluar atau masuk). Umumnya masih banyak organisasi di Indonesia yang mengelola hal ini secara manual (dengan menyimpannya di kertas/hardcopy), hal ini menyebabkan masalah dalam hal searching,tracking, atau pengaturan history, apalagi jika surat yang ada sudah banyak.  Oleh karena itu codephile memberikan solusi yang lebih efektif dan efisien dalam hal pengorganisasian tata persuratan untuk membantu mewujudkan lingkungan organisasi yang paperless. Dengan melibatkan unsur teknologi, E-Office menjawab semua kebutuhan internal organisasi dalam hal tata persuratan. E-Office memindahkan semua proses bisnis organisasi ke dalam sebuah aplikasi berbasis web yang mudah, aman, dan cepat.

Menurut saya hal ini terbukti telah menjawab isu bisnis sebelumnya. Diantaranya adalah:

- Perusahaan/organisasi yang menggunakan produk ini dapat diuntungkan dalam
   mempercepat proses, menghemat sumber daya, dan meningkatkan image
   perusahaan. 
-  Organisasi dapat menghemat biaya berupa budget pembelian kertas dan alat 
   tulis setiap bulannya.
-  Meningkatkan mutu SDM (Sumber Daya Manusia) karena sudah lagi tidak lagi 
   berurusan dengan pengorganisasian surat dalam bentuk hardcopy/paperbased 
   dan akan lebih memfokuskan pada peningkatan kompetensi dan kemajuan 
   organisasi
-  Menciptakan manajemen dokumen yang lebih baik, yaitu dalam hal 
   penyimpanan, pencarian, dan pemeliharaan
-  Membantu mengkoordinasikan dan menghubungkan proses kerja secara efektif 
   dan efisien dalam hal aktivitas interaksi, koordinasi, pelaporan, pengiriman, 
   pendistribusian, perekaman, pencatatan dan pengambilan keputusan

Diharapkan dengan adanya seminar ini akan memotivasi kita untuk menjadi sosok kreatif yang dapat membaca tren di bidang teknologi informasi dan menciptakan inovasi terbaru lainnya dengan memanfaatkan teknologi agar mempermudah kerja manusia.

0 blogger nyasar di sini:

Post a Comment

 
Mahassahasi Blog. Base design by Ipietoon edited by mahassahasi