#tugas kapsel 4

INFORMATION LITERACY
Pembicara : Dr. MAMAN ABDUROHMAN, MT

Dewasa ini dunia teknologi informasi berkembang dengan pesat. Hal ini mengakibatkan adanya ledakan informasi dimana setiap orang dapat menerima informasi dari berbagai sumber tanpa batas dan filter. Sementara itu kebutuhan akan penggunaan informasi menjadi barang yang esensial di setiap aspek kehidupan. Oleh karena itu, perlu bagi kita untuk memahami adanya Information Literacy sebagai sebuah pedoman dalam memilih dan memfilter informasi dengan baik dan benar.

Information Literacy is a set of abilities requiring individuals to recognize when information is needed and have the ability to locate, evaluate, and use effective needed information”. (American Library Association (ALA)). Dengan kata lain Information Literacy dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi, mengakses, menemukan, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif dan etis. Penerapan Information Literacy dapat dilakukan jika kita memiliki ketrampilan dalam hal : mengenal kebutuhan informasi, mengetahui cara menguasai gap informasi, membangun strategi pencarian informasi, menemukan dan mengakses informasi, membandingkan dan mengevaluasi informasi, mengorganisasikan, mengaplikasi, dan mengkomunikasikan informasi.

Sehubungan dengan adanya ledakan informasi yang telah dipaparkan sebelumnya, maka tak hayal jika hal ini memberikan dampak negatif berupa aksi plagiat, yaitu tindakan yang secara sengaja mengakui karya atau ide orang lain sebagai karya sendiri, atau memberikan kesan bahwa karya atau ide orang lain tersebut adalah karya sendiri. Disinilah peran penting dari adanya pemahaman mengenai Information Literacy. Kita harus mampu mengolah informasi yang kita dapatkan untuk digunakan dengan cara yang tepat sebagaimana mestinya. Kita sebagai seorang mahasiswa seharusnya mampu berpikir untuk bertindak dan melakukan proses kreatif searah dengan kapasitas kita sebagai seorang intelektual. Praktek-praktek plagiatisme yang terjadi harusnya menjadi pembelajaran bahwa hal tersebut tidak patut untuk dijadikan contoh. 

Sering sekali kita terjebak dalam hal plagiatisme namun kadang tidak menyadarinya. Dalam hal kecil saja, misalnya ketika kita lupa untuk mencantumkan nama sumber penulis atau kutipan dalam menuliskan definisi sebuah kata. Memang terkesan hal yang sepele, namun jika hal ini diteruskan akan menjadi sebuah kebiasaan dan dapat menyebabkan hal yang sangat fatal dikemudian harinya. 

Dengan adanya Information Literacy diharapkan mampu membimbing individu untuk lebih berhati-hati dalam mencari dan menggunakan informasi. Mampu membimbing kita sebagai mahasiswa untuk lebih menghargai karya intelektual orang lain dengan tidak melakukan aksi plagiatisme. Lebih jauh lagi, pengetahuan mengenai Information Literacy ini diharapkan dapat menciptakan kualitas SDM bangsa yang profesional, yang dapat menjadi teladan dan mengarahkan generasi selanjutnya untuk menjadi pribadi yang dewasa dan mandiri, bertanggungjawab, serta siap menghadapi beragam informasi sebagai modal dasar untuk berkompetisi dalam era globalisasi.

0 blogger nyasar di sini:

Post a Comment

 
Mahassahasi Blog. Base design by Ipietoon edited by mahassahasi