Coding, yeah coding :D



I realize that life is changing so fast (bener ga sih gremernya, sejak kuliah udah lupa sama english2 an :D) Some year ago, I was a homeless senior high school student for about three years. Then all of a sudden now, I am a twenty first seventeen year old girl who hardly struggling to get my bachelor degree. Uwoh ! :D (iya, tahu, gremernya acak2an :D)

Iya, ga kerasa aja, ga-kerasa-se-engga-kerasa-kerasanya-aja kalo udah sibuk mengubah oksigen menjadi karbondioksida selama hampir dua puluh satu tahun. Dan engga nyadar juga udah hampir 4 tahun kuliah disini. Di kampus yang sehari2nya ga jauh jauh dari dunia aiti. (baca : IT) (ceileh).



Dulu masih inget banget pas jaman galau2 nya milih kuliah pas SMA. Dulu aku hanyalah seorang siswa yang ga punya passion. Haha. Iya, udah mau lulus tapi gatau mau kemana. Ditambah waktu itu pas banget lagi kena yang namanya penyakit merah jambu. Dan untuk pertama kalinya ngerasain yang namanya putus hubungan. (kebayang kan anak SMA yang baru pertama kali ngerasain c*nta dan pertama kali juga ngerasain putus hubungan? *sumpah kalo diinget pengen ngabur, maluuuuu :D)

Jadi waktu itu, jangankan ditanya mau kuliah dimana, ditanya udah makan apa belom aja njawabnya susah :D (agak lebai juga sih dulu :p). Dan mungkin karena itu juga, aku jadi engga begitu mikir sama yang namanya kuliah, "kuliah dimana aja deh pak =,=". "Lho lha kamu pengennya dimana? bapak terserah kamu ae, Dokter mau? farmasi?" "Waduh pak bingung =,="

Oke, memang harus disadari aku waktu itu ga punya passion apa2 kecuali suka ngenet dan ngegame, jadi mau ditawarin ke kedokteran atau apapun juga ogah2an. "Aku kuliah yang gak ada biologi2-annya deh pak, males ngapal, biologi ku jelek e pak" "Walah, lha terus opo kuwi nduk, teknik?" "ya udah itu aja pak, yang ada komputer2nya aja". Dan jadilah beberapa pilihan untuk ke jurusan Teknik.

Waktu itu bapak ikutan mikir, "Nek Teknik iku kuliahe dimana coba nduk? yang ada komputer e ya jurusan Teknik informatika" "Nggih pak, mungkin di ITB, ITS, ITTelkom, katanya juga ke depane masih bakal banyak kerjaan yang make lulusan informatika pak"

Jadilah apply ketiga institut itu, yang ITB gagal (waktu itu lewat tes sih), tapi malah masuk di pilihan kedua, Teknik Mesin ITB. Yang ITS ga jadi, gara2 PMDK ke sana ga ada, dan kalaupun mau tes juga . . . ah engga mau ke ITS ah, (ini sih gara2 putus hubungan sama yang lagi kuliah disana :D) alhasil apply PMDK ke IT Telkom, dan alhamdulillah ternyata diterima.

"Nduk nyoba tes unnes ya, buat jaga2, ya siapa tahu pengen nerusin bapak ibuk jadi guru" "walah pak, iya deh pak =,=" waktu itu juga aku ikut tes di UNNES, inget banget milih pend. inggris sama pend. matematika, dan alhamdulillah lolos tes untuk diterima di pend. inggris, tapi pas tahap wawancara engga ikut soalnya udah mikir buat ga nerusin ke sana, maaf ya pak >.<

Dan dari yang tersisa tinggalah kedua pilihan berikut, ITB Mesin, atau ITT Informatika. "Nduk ga coba ikut UM UGM? ato SNMPTN?" "Wah iya ya pak, tapi jurusan apa pak, aku ga nyaman sama yang banyak ngapal e, gausah deh pak, dimantepin aja milih dari yang ITB apa ITT aja pak =,="

Dan voilaaa ! Setelah berdoa dan mempertimbangkan beberapa hal, jadilah saya memutuskan untuk lanjut kuliah ke IT Telkom :D

--------------------------------------------------------------- 000 ---------------------------------------------------------------

Teknik, emm, kayaknya salah deh milih ke Teknik. Wakakakakakaka. (Bercandaa :p) Enggak sih, cuman ya, butuh ekstra kerja keras aja untuk mempelajari sama ngerjain tugas2nya :p. Tenang, anak teknik itu ga pernah mimpi buruk kok, soalnya kita engga ada waktu buat mimpi #eh (baca : ga pernah tidur) :D (Bercandaaaa :p)

Teknik Informatika, ini nih, agak2 enggak sesuai sama ekspektasi, emang ada kaitannya sama komputer sih, tapiiiii . . . . . . . haha, (*tapi ternyata lebih menantang) ^^
Inilah, benar2 hal baru dalam hidupku (khususnya sejak lulus SMA), pas SMA jamanku belum pernah ada yang namanya pelajaran coding (*bikin barisan code untuk membuat program/aplikasi), pas pelajaran TIK paling mentok diajarin ngenet, bikin imel, sama maen2 aplikasi office =,= (ini saran2 aja nih ya, buat materi TIK di SMA ke depannya sih paling engga harusnya udah nyentuh ke pemrogramannya, icip2 pascal lah atau paling mentok maenan HTML gitu, yang dasar2, kan TI udah berkembang nih ya, ga mungkin juga kan kesana2nya ntar belajarnya masih office sama bikin imel aja, kalo itu sekarang sih anak SD juga harusnya dah bisa :D, selain itu biar siswa juga tau asyiknya dunia Informatika, jadi kan siapa tau bagi yang minat berkreasi sama code atau minat bikin aplikasi atau game atau apa lah itu bisa tersalurkan, dan bisa lanjut ke kuliah informatikaaa pastinyaaa, hehe :D *promosi).

Itulah yang awalnya bikin aku minder, ga ada modal code, tapi melihat kenyataan bahwa yang kuliah disni rata2 juga senasib, jadi yaaa mindernya terobati :D Mulai dari semester awal belajarlah diriku untuk menyukai koding :*(walau koding kadang tidak menyukai aku tapi aku pantang mundur) *lebai. Semester demi semester bahasa yang dipelajari makin beragam, mulai dari awal-awal yang masih belajar bahasa pemrograman prosedural, hingga belajar bahasa Java. Dari yang make pascal, C, C++ hingga make Netbeans, Matlab, Delphi. Lalu belajar juga pemrograman web, HTML, CSS, PHP, Javascript, Jquery, dll. Hingggggaaaaaaaaa, sekarang on my way ngerjain TA, aku juga masih harus bergelut sama yang namanya koding. Jujur koding itu gampang-gampang cucah. Gampang kalo udah ngerti yang mau di tulis, cucah kalo ga tau ini sebenernya mau nulis apa. Tapi itulah indahnya koding, indahnya mengautis di depan komputer. Kamu akan merasakan masa2 indah ketika hasil koding mu bisa running, (berasa naik lumba2 akrobatis menuju rasi bintang paliiiiiiiiiiingg manis :p) dan kamu juga bisa merasakan stress ketika hasil kodinganmu ga bisa di running (pisau mana pisau, tali mana taliiiii, bunuh gue sekaraang T___T)

Yah begitulah, indahnya informatika. Asik. Kita bisa bikin banyak aplikasi yang berguna buat orang lain, ya macem2, contoh kecil aja misalnya bikin web, bikin aplikasi office kayak MS Word, bikin game, dll. Kita juga bisa bikin aplikasi registrasi di kampus, bikin apliakasi pembayaran kayak di kasir2, bikin aplikasi buat e-KTP, dll sampe aplikasi yang keren yang dilombain di imagine cup sana. Haha :p

And after all, I hope that anything that I have learned before can be useful in human life. Semoga kelak nantinya ilmu yang saya dapatkan dapat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat. Dan semoga saya bisa menghasilkan *sesuatu* dan menjadi *sesuatu*. Amin. (untuk dekat ini sih semoga TA saya bisa lancar dan kelar dulu, hehe) Amin amin amiiinnn.

5 blogger nyasar di sini:

  1. Mba Ren ajarain coding dong, biar bisa bikin layout blog sendiri gituu :3

    ReplyDelete
  2. boleh aja :D coding itu bisa dipelajari otodidak kok, dan rata2 juga belajarnya otodidak, referensi dan materi juga mudah didapet, soalnya banyak yang ngeshare via internet, jadi google akan sangat membantu :D
    kalo mau bikin layout ya bagus itu, cari aja materi ttg HTML :D

    ReplyDelete
  3. kalo buku2nya gitu banyak nggak mbak?? Tapi buku yang khusus ttg coding bikin layout blog...

    ReplyDelete
  4. Wah kurang tau kalo spesifik buku yang bahas bikin layout blog, tapi banyak tutorial di inet yang bahas cara ganti / edit layout. Coba aja di cari, nek ada code yang ga mudeng atau ada salah boleh tanya atau kopas aja yang ga dimudengin itu di google, biasanya lebih jelas penjelasannya :D

    ReplyDelete
  5. google is an amazing teacher..
    :P
    pinter2 masukin kata kunci.. Hehe..

    ReplyDelete

 
Mahassahasi Blog. Base design by Ipietoon edited by mahassahasi